Friday, June 12, 2020

Tempat Wisata Di Vietnam Yang Wajib Di Kunjungi

Ba Na Hills



Sebuah gunung setinggi 1.487 meter di atas permukaan laut menjulang di sisi barat Kota Da Nang, kota terbesar ketiga di Vietnam. Layaknya negeri dongeng, di puncak gunung tersebut terdapat sebuah pemukiman yang sibuk.

Untuk masuk ke tempat wisata di Vietnam ini, pengunjung tidak perlu mendaki karena lobi resort tersebut berada di kaki gunung. Di lobi, pengunjung membeli tiket masuk yang berlaku untuk satu hari seharga 700.000 Dong. Dengan satu tiket sakti ini, pengunjung bisa menjelajahi Ba Na Hills sepuasnya.

Ba Na Hills memiliki objek menarik, yakni Jembatan emas. Jembatan Emas terletak di kebun Thien Thai, ke desa Perancis untuk mengunjungi kebun bunga.  Dari ketinggian Jembatan Emas, para pengunjung bisa melepaskan pandangan ke seluruh Kota Da Nang dengan keindahan yang modern dan dinamis.

Di tempat wisata di Vietnam ini juga ada Desa Perancis. Pengelola membangun desa dengan bangunan-bangunan ala Prancis kuno lengkap dengan gereja, tiang lampu, dan mobil antik. Jika beruntung, pengunjung juga bisa menyaksikan karnaval.

Salah satu taman di Ba Na Hills yang terkenal adalah Le Jardin D’Amour yang berarti taman cinta. Tempatnya sangat romantis.

Hue



Dikenal sebagai kota bersejarah, Hue memiliki banyak destinasi wisata yang bisa dieksplorasi. Bila memiliki waktu lebih, pengunjung bisa tinggal berhari-hari untuk menikmati lebih banyak hiburan wisata disini. Karena selain memiliki banyak situs bersejarah, Hue juga memiliki alam yang indah.

Salah satu yang wajib dikunjungi di tempat wisata di Vietnam ini adalah Citadel. Citadel atau kota benteng yang dikelilingi dengan tembok ini menjadi pusat pemerintahan dan tempat tinggal para anggota keluarga kerajaan. Bangunannya luas dan bergaya arsitektur Tiongkok. Berada di citadel serasa berada di kota terlarang Beijing versi mini.

Citadel ini terdiri dari 4 istana yaitu Imperial city, Forbidden purple city, Inner city dan Tran Binh Dai. Disini kita bisa melihat tempat tinggal kaisar, tahta, ruang musik, taman dan museum. Tiket masuk citadel seharga 150.000 dong. BANDARQ ONLINE

Selain Citadel, situs bersejarah lainnya di tempat wisata di Vietnam ini adalah makam para kaisar. Ada beberapa makam kaisar yang terletak di beberapa lokasi berbeda mulai dari tepi sungai, di bawah bukit hingga hutan pinus. Untuk mengunjungi makam kaisar Tu Duc perlu membayar tiket masuk sebesar 100.000 dong.

Joseph Cathedral



Katedral St Joseph telah menjdi ikon kota Hanoi sejak lama. Katedral yang dibangun pada akhir abad ke-19 ini bergaya neo gothic dengan dominasi warna abu-abu. Katedral St Joseph sering disebut mirip dengan Notre Dame di kota Paris, Prancis.

Sebelum katedral tempat wisata di Vietnam ini dibangun, tempat ini dulunya kuil Buddha, Pagoda Bao Thien, yang dibangun pada masa pemerintahan dinasti Ly. Namun sejak Prancis menguasai Indochina, pagoda diruntuhkan dan diganti dengan katedral St Joseph.

Katedral St Joseph terkenal dengan menara bel kembar dan jendela kaca patri di bagian dalam katedral. Di halaman katedral yang luas terdapat patung Maria. Halaman dan tangga menjadi spot foto favorit para traveler. Katedral St Joseph hanya dibuka pada saat misa dan peringatan hari keagamaan.

Saat buka, turis diperbolehkan masuk untuk mengambil foto dan mengamati keindahan arsitektur. Saat katedral tutup, turis juga bisa masuk lewat pintu samping kanan dengan memencet bel terlebih dahulu.

Karena menjadi salah satu destinasi turis dan meeting point, di sekitar katedral tempat wisata di Vietnam ini ada banyak restoran dan kafe bergaya western yang jadi tempat nongkrong anak muda Hanoi dan turis.

Ha Long Bay



Ha Long Bay sendiri punya luas sekitar 1.533 km persegi dan kawasan legendaris itu ialah kesatuan dari nyari 2.000 pulau-pulau kecil. Pulau-pulau tersebut kebanyakan merupakan pulau karst atau pulau batuan kapur.

Ha Long Bay pun menjadi rumah untuk 14 spesies flora endemik serta 60 spesies fauna endemik. Hal ini memebuat UNESCO kemudian mengategorikan kawasan teluk ini ke salah satu tempat World Heritage Site.

Untuk menikmati keindahan kepulauan tempat wisata di Vietnam ini, pengunjung bisa mengambil paket berlayar menggunakan kapal. Pengunjung akan diajak mengikuti perjalanan singkat, menikmati pemandangan luas Ha Long Bay menggunakan kapal tradisional yang  unik.

Cara lain menikmati keindahan tempat wisata di Vietnam ini adalah dengan menjelajah gua Me Cung atau yang lebih dikenal dengan nama inggris Bewithching Grotto. Ketika pengunjung memasuki gua, akan disambut dengan bebatuan yang indah dan alami.

Di tempat ini pengunjung juga bisa menemui monyet liar di Monkey Island yang ada di Ha Long Bay. Dengan datang ke pulau ini maka pengunjung sekaligus menikmati keindahan objek wisata Ha Long Bay. Pengunjung bisa naik perahu atau boat untuk sampai ke pulau ini.

Kota Tua Hoi An



Kota Hoi An atau sering juga disebut dengan Fai-Fo adalah sebuah kota di Vietnam yang terletak di pesisir Laut China Selatan di Provinsi Quảng Nam. Kota Hoi An di Vietnam banyak menarik pengunjung karena mendapat perdikat sebagai kota tua warisan UNESCO, yang kini dikenal sebagai “Hoi An: The Ancient Town”.

Saat menelusuri Kota tempat wisata di Vietnam ini, pengunjung akan menemukan banyak sekali penjual pernak-pernik khas Vietnam. Mulai dari keramik hingga baju-baju tradisional khas negara ini. Di kota ini banyak ditemukan ruas jalan yang sempit, maka paling enak untuk menikmati kota ini yaitu dengan menggunakan sepeda.


Jika pengunjung menyusuri seputar jalan Old Town Hoi pada malam hari, akan bisa menemukan banyak sekali lampion-lampion terpasang di atas jalan. Suasana malam hari akan terasa lebih indah dan terasa semakin kental ala Vietnam zaman dahulu dengan alunan tembang instrumental.

Sepanjang jalan di tempat wisata di Vietnam ini pengunjung  juga akan menemukan banyak sekali penjual makanan dari warung-warung makan yang berada di pinggir jalan. Biasanya beberapa penjaga restoran akan menawarkan untuk singgah dan menikmati sajian menu di restoran masing-masing.

Danau Hoan Kiem



Danau Hoan Kiem adalah tempat terbaik untuk menyepi dan menghindari hingar bingar kota Hanoi. Dengan menawarkan suasana tenang dan damai di danau yang dekat dengan Kuil Ngoc Son ini, banyak masyarakat Hanoi menghabiskan waktu di tempat wisata di Vietnam ini.

Danau Ho Hoan Kiem mempunyai arti  “Danau Pedang Yang Dikembalikan”. Menurut legenda, di tempat inilah pedang Thuan Thien dipulangkan kembali oleh Kaisar Vietnam Le Loi melalui seekor kura-kura raksasa  kepada Raja Naga.

Di Danau tempat wisata di Vietnam ini terdapat Jembatan berwarna merah yang melintas di danau. Jembatan merupakan jalan yang menghubungkan daratan dengan pulau kecil di tengah danau dimana Ngoc Son Temple berdiri.

Untuk menuju kuil, ada 3 gerbang yang harus kita lalui. Jembatan Merah dimulai setelah gerbang kedua. Sebelum menyeberangi jembatan tersebut, pengunjung harus membayar sebesar 20.000 VND. Jembatan Merah ini sendiri berakhir di gerbang kuil yang ke tiga.

Gerbang kuil ketiga ini pada dinding samping kanan dihiasi dengan gambar Kura-kura raksasa yang di punggungnya tersimpan pedang  Thuan Thien. Sedangkan disamping kiri dihiasi dengan gambar kuda Naga. Di atasnya dua ekor Burung Phoenix sedang terbang.

Sapa Terraces



Sa Pa adalah sebuah kota di Vietnam yang terletak tidak jauh dari perbatasan Cina. Sa Pa terkenal dengan sawahnya yang indah nan hijau. Pengunjung bisa menemukan hamparan terasering sawah super hijau di lembah Muong Hoa, antara kota Sa Pa dan Gunung Fansipan dengan background hutan bambu yang lebat.

Sa Pa menyuguhkan pemandangan seperti pedesaan yakni dengan ikon terasiring. Untuk pengunjung yang menyukai tempat dengan pemandangan indah alami nan harmonis, maka tidak salah jika memilih untuk mengunjungi tempat ini.

Pengunjung tempat wisata di Vietnam ini bisa mengambil foto dengan latar belakang tempat yang indah itu. Untuk hasil lebih sempurna, pengunjung bisa foto dengan mengambil tempat yang agak tinggi sehingga latar belakang bisa terlihat dengan sangat bagus.

Mengunjungi kota tempat wisata di Vietnam ini, pengunjung akan dimanjakan dengan wisata trekking melalui lembah dan lereng yang curam. Pengunjung juga berkesempatan mengetahui budaya kelompok etnis Hmong yang mendiami wilayah ini.

Marble Mountains



Marble Mountain merupakan tempat wisata di Vietnam yang berupa sekelompok lima bukit batu kapur dan marmer di Distrik Ngũ Hành Sơn, bagian selatan kota DaNang. Lokasi ini terkenal sebagai situs ziarah agama dengan lorong-lorong, gua-gua, kuil. dan puncaknya yang menyuguhkan pemandangan indah.

Kelima gunung ini memiliki emelem yang terdiri dari logam (Kim), air (Thuy), kayu (Moc), api (Hoa) dan bumi (Tho), dan semua gunung memiliki sebuah pintu masuk dan terowongan yang bisa menjadi tempat pendakian menuju puncak gunung Thuy.

Pengunjung dapat menaiki tangga batu yang memiliki ukiran unik menuju situs rahasia hingga sampai ke puncak gunung. Pengunjung bisa menikmati hembusan angin alam yang menyegarkan paru-paru.

Unutk pengunjung yang enggan atau tidak kuat mendaki gunung tempat wisata di Vietnam ini, pengelola Marble Mountain punya ide brilian dengan menyediakan fasilitas lift.  Dengan biaya 15.000 VND, pengunjung bisa sampai di atas dengan cepat.

Setelah puas melihat hadiah alam dari ketinggian Marble Mountain, pengunjung bisa menuruni gunung untuk melanjutkan perjalanan ke desa batu, tempat para pemahat lokal pembuat produk marmer.

Pulau Phu Quoc



Phu Quoc island merupakan sebuah pulau terbesar di Vietnam dengan pemandangan yang sangat indah. Phu Quoac Island disebut juga ” Emerald Island “  karena memiliki gugusan pulau yang cantik dengan panorama yang indah serta lokasi di tengah laut yang membari daya tarik tersendiri terhadap pulau ini.

Di pulau tempat wisata di Vietnam ini pengunjung dapat menemukan pantai-pantai berpasir putih dan pulau-pulau kecil yang masih sepi. Beberapa pantai yang di rekomendasikan adalah Pantai Starfish yang terkenal dengan ratusan bintang laut merah yang indah.

Ada pula Ong Lang Beach, pantai dengan perairan paling jernih. Kemudian, ada pula Sunset Sanato Beach Club dengan pemandangan yang memesona. Pantai Sao mempunyai pasir putih dan air yang biru kehijauan sangat jernih.

Di pulau tempat wisata di Vietnam ini juga kaya situs sejarah. Ada penjara yang dibangun pada 1967 oleh Perancis. Ada juga bangunan Gieng Ngu yang menjadi tempat persembunyian Pangeran Nguyen Anh dan pasukannya dari pemberontak. JAGUARQQ

Berkunjung ke Pulau Phu Quoc merupakan salah satu cara untuk merasakan budaya Vietnam. Sebab, terdapat beberapa kuil dengan arsitektur unik. Setiap kuil memiliki daya tarik masing-masing, ada yang mempunyai mercusuar, pagoda, dan sebagainya dengan bentuk khas kuil Budha.

Nha Trang



Salah satu kota yang cukup menarik untuk dikunjungi saat menyambangi Vietnam adalah Nha Trang. Kota pantai ini memiliki atmosfer berbeda dari kota tempat wisata di Vietnam lainnya. Banyak orang bilang, saat mengunjungi Nha Trang, bersiap-siaplah untuk dibuat jatuh cinta

Long Son Pagoda merupakan salah satu bangunan penting di Nha Trang. Pagoda tempat peribadatan umat Buddha ini dibuka untuk umum. Letaknya berada sedikit di atas bukit sehingga untuk mencapai bagian atas, pengunjung harus menaiki tangga. Di pagoda ini terdapat patung buddha besar mencapai 24 meter.

Objek lain di kota tempat wisata di Vietnam ini adalah Ponagar Cham Tower. Ini adalah candi peninggalan masa Kerajaan Champa. Usianya sudah sangat tua, namun kondisinya masih sangat terawat. Warna merah bata mendominasi bangunan candi. Candi tampak megah dan menarik untuk dikunjungi.

Salah satu unggulan wisata Nha Trang adalah mandi lumpur. Konon mandi lumpur bisa membuat kulit menjadi lebih halus. Ada banyak tempat di Nha Trang yang menyediakan paket wisata mandi lumpur ini. Pengunjung bisa membeli langsung di tempat atau terlebih dahulu memesan secara online.

Han Gai Street



Han Gai Street di hanoi merupakan tempat wisata di Vietnam berjenis belanja. Tempat yang satu ini dikenal juga dengan istilah silk street. Karena barang yang dijual kebanyakan adalah sutera.

Lokasinya berada di sebelah utara dari Hoan Kiem Lake. Dulunya kawasan ini hanya sering dikunjungi oleh penduduk lokal Vietnam saja. Namun lama kelamaan banyak juga wisatawan asing yang mulai berkunjung ke sana saat berada di Hanoi. Akhirnya lambat laun jalan ini semakin terkenal.

Pengunjung bisa menemukan kurang lebih 90 toko di sepanjang jalan 250 meter itu. Kain yang dijual memang adalah kain sutera. Namun ada juga barang lain yang dijual di sana seperti dompet dan benda keperluan fashion lainnya. Tempat ini juga menarik untuk city tour di Hanoi.

Pengunjung yang tertarik basi juga membeli  ao dai, di tempat wisata di Vietnam ini. Ao dai adalah pakaian nasional dengan versi untuk pria dan wanita. Topi kerucut melengkapi tampilan, dan dibuat dengan tangan dari bambu dan bahan kayu lainnya.

Seperti kebanyakan outlet ritel di seluruh Vietnam, tawar-menawar juga sangat dianjurkan untuk mendapatkan harga yang layak. Muliilah dengan potongan harga 50% dari harga yang diminta dan bayar tidak lebih dari 70%.

No comments:

Post a Comment