Sunday, July 12, 2020

Beberapa Tempat Wisata Yang Menarik Di Mojokerto

1. Situs Trowulan


Ketika jalan-jalan ke Mojokerto, hal yang tak boleh dilewatkan ialah mengunjungi situs  purbakalanya yang ada di kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Di situs ini setidaknya terdapat lebih dari 10 situs purbakala peninggalan jaman kerajaan Majapahit.

Dari Candi Bajang Ratu, Candi Tikus, Kolam Segaran, Gapura Wringin Lawang hingga makam Putri Campa bisa Anda temukan di situs bersejarah ini. Tak hanya sekedar belajar tentang sejarah masa lalu, tempat wisata di Mojokerto ini juga bisa jadi spot foto yang instagramable

2. Maha Vihara Mojopahit


Jika ingin melihat megahnya patung Budha tidur sekarang tak perlu repot-repot ke Thailand, sebab di Mojokerto juga ada dan tak kalah megah, lho! Berlokasi di desa Bejijong, kecamatan Trowulan, patung Budha tidur ini ada di area sebuah vihara bernama Maha Vihara Mojopahit. BANDARQ ONLINE

Dibangun di atas lahan seluas 20 hektar, vihara ini memiliki bangunan utama dengan gaya arsitektur Jawa dan atap bangunan berbentuk Joglo. Yang menarik dari vihara tersebut dan kini jadi ikon wisata di Mojokerto ialah karena Patung Budha tidurnya yang di sebut-sebut jadi salah satu yang termegah di Asia Tenggara selain yang ada di Nepal dan Thailand.

3. Gunung Penanggungan


Tempat wisata di Mojokerto yang selanjutnya ini cukup unik karena masuk dalam dua wilayah, sebagian masuk kabupaten Mojokerto dan sebagiannya lagi masuk wilayah kabupaten Psuruan. Destinasi ini ialah Gunung Penanggungan yang disebut-sebut sebagai miniaturnya Gunung Semeru.

Sebab di bagian puncak gunung Penanggungan juga terdapat hamparan pasir bebatuan yang cukup luas, persis seperti di Gunung Semeru. Memiliki ketinggian 1.653 meter diatas permukaan laut, gunung ini terbilang cukup sedang dan cocok untuk pendaki pemula yang baru belajar mendaki.

Untuk menjelajahi keindahan gunung ini melalui Mojokerto, setidaknya ada empat jalur pendakian yang bisa dilalui, yakni melalui desa Jolotundo, desa Kedungundi, Tamiajeng dan juga desa Ngoro.

4. Musem Sanggar Gubug Wayang


Sebagai kota yang memiliki banyak peninggalan bersejarah, Mojokerto memang sarat dengan destinasi bernuansa sejarah. Seperti salah satunya Musem Sanggar Gubug Wayang ini misalnya yang akan membuat Anda mengenal benda-benda yang berhubungan dengan wayang.


Mulai dari berbagai macam bentuk wayang, baik wayang kulit, wayang golek hingga wayang rumput dan wayang potehi bisa Anda temukan di sini, gamelan, keris, reog dan banyak lagi yang lain. Berselfis dengan ragam jenis wayang juga bisa jadi hal mengasyikan yang bisa di lakukan di sini, lho.

5. Air Terjun Coban Canggu


Berlokasi di Desa Padusan kecamatan Pacet, kabupaten Mojokerto, air terjun Coban Canggu menyuguhkan pesona yang lebih menyejukkan karena berada di lereng Gunung Welirang. Suasana alamnya pun begitu mempesona dengan hamparan pepohonan hijau di sejauh mata memandang, jauh berbeda saat berada di kota Surabaya yang penuh sesak gedung bertingkat dan kendaraan yang macet.

Dari area parkir ke lokasi air terjun, Anda harus melewati turunan anak tangga yang cukup menguras tenaga. Di sepanjang jalan terdapat beberapa gazebo yang bisa digunakan untuk beristirahat saat mulai lelah. Tetapi semuanya akan langsung terbayarkan sesaat setelah sampai di lokasi air terjun Coban Canggu ini. Air terjun dengan ketingian 70 hingga 80 meter ini terlihat begitu memukau dengan suasana alam instagramable.

6. Pacet Mini Park


Masih berada di wilayah Pacet, ada satu lagi tempat wisata di Mojokerto yang wajib dikunjungi saat akhir pekan atau libur tiba. Mengusung konsep one stop service, Pacet Mini Park menawarkan beragam fasilitas menarik yang akan memanjakan Anda saat berencana liburan ke Mojokerto.

Mulai dari sarana outbond dengan beragam pilihan permainan seperti flying fox, Cross Conter, Bunmper Boat dan banyak lagi yang lain. Lalu menjelajahi area taman dengan menaiki ATV, atau berwisata kuliner di resto apungnya. Jika merasa masih kurang Anda juga menghabiskan malam di penginapan dengan fasilitas menarik. Semua bisa Anda nikmati hanya dalam satu tempat saja, jadi tak perlu repot ke mana-mana.

7. Petirtaan Jolotundo


Berlokasi di kawasan kompleks Candi Jolotundo, Petirtaan Jolotundo menjadi satu destinasi menarik yang harus dikunjungi saat jalan-jalan ke Mojokerto. Diperkirakan taman pemandian ini telah ada sejak 997 masehi yang digunakan sebagai tempat pemandian para keluarga kerajaan Majapahit.

Keunikan yang dimiliki tempat wisata di Mojokeryto ini ialah karena memiliki pancuran yang bertingkat, hal tersebut seperti menggambarkan nama Jolotundo itu sendiri yang berarti pancuran bertingkat. Tentu ini bisa jadi spot foto yang instagramable banget buat diabadikan.

Selain itu, pesona alam di sekitar kolam pemandian ini juga sangat eksotis sebab letaknya yang berada di lereng Gunung Bekal. Anda juga bisa mencoba sensasi mandi di pemandian para raja ini, lho. Tapi tak diperbolehkan memakai sabun atau shampoo, hanya main air saja. terarik mencoba?

8. Air Terjun Dlundung


Masih disekitar Trawas, tempat wisata di Mojokerto ini juga bisa jadi destinasi menarik yang bisa dikunjungi saat libur menjelang. Berada di kaki gunung Welirang, air terjun Dlundung menawarkan pesona yang juga tak kalah asyik buat dijelajahi. Dengan ketinggian 14 meter, air terjun ini memiliki debit air yang tak terlalu deras sehingg aman jika ingin menjangkaunya lebih dekat. JAGUARQQ

Berada di kawasan hutan lindung, disini Anda tak hanya bisa menikmati indahnya air terjun alami ini tetapi juga bisa menghabiskan waktu untuk berkemah di alam terbuka. Sungguh pengalaman yang luar biasa untuk sejenak melepaskan diri dari aktivitas kota yang padat dan penuh hiruk pikuk.

9. Duyung Trawas Hill


Berlokasi di tengah hutan yang jauh dari keramaian, Duyung Trawas Hill menyajikan pesona alam yang sayang jika disia-siakan begitu saja. Mengusung konsep wisata keluarga, Anda akan disuguhi bermacam kegiatan menarik dengan wahana yang mengasyikan untuk menghabiskan waktu liburan.

Dari bermain air di kolam renang, mengenal satwa di mini zoo-nya, seru-seruan di play ground dan area outbond yang mengasyikkan, dijamin waktu Anda dan keluarga akan habis tanpa terasa. Jika sudah puas, Anda juga bisa menjelajahi air terjunnya yang menyegarkan dengan arus yang cukup aman. Tak jauh dari pintu masuk, Anda akan dibimbing papan informasi jika ingin menuju lokasi air terjun buatan ini.

10. Wisata Desa BMJ Mojopahit


Berlokasi di kecamatan Dlanggu, tempat wisata di Mojokerto ini menyuguhkan keseruan bermain di kolam renang  dan berbagai macam wahana outbond seru. Selain itu di desa wisata ini juga terdapat kampung cokelat yang akan mengajak Anda belajar membudidayakan tanam cokelat serta cara pengolahannya.

No comments:

Post a Comment