Saturday, July 11, 2020

Tempat Wisata Menarik Di Shanghai

Sebelum terbentuknya kota Shanghai, Shanghai adalah bagian dari kotamadya Songjiang yang diatur oleh provinsi Suzhou. Kotamadya ini dibentuk sekitar 1000 tahun yang lalu. Sejak zaman pemerintahan Dinasti Song, Shanghai secara bertahap berkembang menjadi pelabuhan yang sibuk.

Selain pemandangannya yang indah, daya tarik Shanghai terutama pada kebersihannya. Tak ada sampah menumpuk di pinggir jalan, tak ada pedagang kaki lima (PKL) liar yang berjualan di pinggir jalan. Semuanya tertata rapi.

Daya pikat Shanghai lainnya juga karena kota tersebut memiliki transportasi yang sangat bagus, modern, dan murah. Shanghai memiliki kereta subway yang menghubungkan seluruh kawasan di Kota Shanghai. Selain itu, tersedia banyak bus kota yang siap mengantar penumpang dengan tarif cukup murah.

Tarif kereta subway 3 RMB hingga 8 RMB tergantung jaraknya. Bus kota yang beroperasi 24 jam, tarifnya bahkan lebih murah daripada kereta subway. Kalau punya uang lebih, taksi juga banyak beroperasi di Shanghai.

Shanghai Pearl Tower



Oriental Pearl Tower atau juga dikenal sebagai Oriental Pearl Radio TV Tower. tempat wisata di Shanghai ini merupakan menara penyiaran dengan ketinggian 468 meter. Menyandang predikat sebagai gedung tertinggi ke-3 di Tiongkok saat ini. Setelah 16 tahun menyandang predikat sebagai gedung tertinggi pertama hingga tahun 2008.

Selain diperuntukkan untuk menara penyiaran. Tower ini juga diperuntukkan untuk rekreasi. Salah satunya adalah terdapat dek observasi atau Sightseeing Floor setinggi 263 meter dan 259 meter. Menawarkan sensasi melihat pemandangan kota Shanghai 360 derajat. BANDARQ ONLINE

Arsitektur bangunan tempat wisata di Shanghai ini sangat unik dengan menerapkan desain berbentuk bola sebagai ciri khasnya. Di ketinggian 120 meter dan 300 meter. Terdapat bagian bangunan berbentul bola yang dihubungkan bagian bangunan yang menyerupai sebuah tangga.

Di bagian bola yang lebih besar di bawah, terdapat banyak area rekreasi. Di antaranya adalah Game Consoles dan Mini Roller Coaster. Lima bagian bola kecil yang mengelilinya dipergunakan untuk fasilitas hotel bertajuk ‘Space Hotel’ yang masing-masingnya terdiri dari empat kamar.

Yuyuan Garden



Yu Garden adalah sebuah taman klasik yang di bangun pada tahun 1559 di jaman dinasti Ming. Sebelum memasuki taman klasik ini, pengunjung melewati jembatan yang berliku yang di bawahnya terdapat danau dan gondola gondola yang terparkir.

Di sekitar jembatan tempat wisata di Shanghai ini, terdapat bangunan bangunan klasik china dengan 2 lantai yang elegan yang difungsikan sebagai rumah teh. Taman di bagi menjadi beberapa bagian. Dan setiap bagian taman mempunyai pemandangan yang berbeda beda dan unik yang di pagar oleh dinding dinding naga dengan pintu pintu yang berbentuk melingkar dan kotak.

Dinding tempat wisata di Shanghai ini di cat berwarna putih dan naga terdapat di atasnya dengan corak abu abu. Juga terdapat labirin labirin untuk menuju ke area area taman lainnya beserta tempat tempat istirahat di pinggirnya.

Selain bebatuan yang menawan di taman klasik ini di penuhi juga oleh aula aula dan paviliun paviliun dengan arsitektur yang rumit dan atap atap yang melengkung di setiap pojoknya. Beberapa mereka berdiri di daratan maupun di tengah-tengah kolam.

Jade Buddha Tample



Ada dua patung Buddha berharga dalam kuil yang terletak di 999 Jiangning Road, Shanghai, Tiongkok. Yakni patung Buddha terlentang dan Buddha duduk. Kedua patung budha di tempat wisata di Shanghai ini terbuat dari ukiran batu giok putih bersih.

Patung buddha yang tengah duduk dengan tinggi 1.95 meter dengan berat 3 ton. Ada juga patung-patung buddha lain yang merupakan sumbangan dari Seorang Biksu Myanmar.

Setiap bangunan kuil dalam kompleks ini memiliki ruangan dan kisah tentang ajaran agama Buddha. Bangunan utama kuil dibagi menjadi tiga lokasi, yakni Mahavira Hall, Jade Buddha Tower dan Devajara Hall.

Adapun bangunan-bangunan pendukung lain di tempat wisata di Shanghai ini antara lain Kwan-yin Dian Hall, Zen Tang Hall, Amitabha Dian Hall, Recumbent Buddha Hall dan Dining Room. Untuk patung Buddha duduk terletak di Jade Buddha Tower, sementara Patung Buddha terlentang berada di Ruangan Recumbent Buddha.

The Lingshan Grand Budha



Berlokasi di bagian selatan Gunung Longshan, patung Buddha setinggi 88 meter ini merupakan salah satu patung Buddha terbesar di Cina dan nomor sembilan terbesar di seluruh dunia.

Setelah melalui gapura tempat wisata di Shanghai ini, pengunjung dapat melihat altar dengan dua tempat air di samping. Ada sepasang jejak kaki besar di tengah altar, yang masing-masing panjangnya 1,2 meter  dan lebar 0,6 meter. Jejak kaki adalah replika dari yang ditinggalkan oleh Sakyamuni di India.

Ada kolam bundar dengan lotus perunggu raksasa dengan enam helai tertutup. Ketika musik ‘Birth of Buddha’ diputar, lotus mekar dengan lembut, dengan patung Sakyamuni bersepuh emas setinggi 7,2 meter yang naik dari tengah. Sembilan naga di sekitar kolam menyemburkan air ke arah patung. Patung itu berputar 360 derajat.

Untuk mendekati Grand Buddha, pengunjung harus menaiki 216 tangga berdiri untuk 108 masalah dan 108 permintaan. Tangga diatur pada tujuh platform naik, yang sesuai dengan tingkat stupa bertingkat tujuh.

Longhua Temple



Kuil ini pertama kali dibangun pada 242 M di kala pemerintahan Zaman The Three Kingdom. Sebagian besar bangunan kompleks tempat wisata di Shanghai ini direkonstruksi pada masa pemerintahan Kaisar Tongzhi dan Kaisar Guangxu pada Dinasti Qing.

Longhua Temple merupakan kuil terluas di Shanghai dengan menempati lahan lima hektar yang tiap bangunannya dapat menghabiskan 5.000 m². Pada lintasan Sepanjang 194 meter pengunjung dapat menjumpai Maitreya Hall, Devajara Hall, Mahavira Hall, Three Sages Hall, Abbot’s Hall dan Sutras Keeping Hall.

Di dalam Cangjinglou terjaga tiga harta kuil, termasuk kain sutra Dazang, berbagai jenis peti emas, dan patung – patung Budha. Ruangan di kiri kanan kuil adalah Bell Tower dan Drum Tower, keduanya dilengkapi dengan jendela heksagonal yang sama dan atap melengkung.


Di dalam bangunan tempat wisata di Shanghai ini juga terdapat banyak sekali lonceng, jadi apabila mengunjungi Longhua Pagoda, pengunjung akan disambut oleh suara merdu dari lonceng – lonceng yang tertiup angin. Pagoda ini memiliki ketinggian lebih dari 40 meter dan memiliki 7 lantai,

Xujiahui Cathedral



Dibangun pada tahun 1911 dengan gaya Neo-Romawi, Katedral Xujiahui – juga dikenal sebagai Katedral St. Ignatius, Keberadaan gereja ini adalah pengingat indah akan warisan multi-nasional Shanghai yang kaya.

Terletak di distrik selatan kota Xujiahui, itu adalah tempat ibadah Katolik Roma terbesar di Shanghai. Di samping pengaturannya yang seperti taman, tempat wisata di Shanghai ini patut dikunjungi karena menara lonceng kembar setinggi 50 meter dan interior yang dipugar dengan kaca patri halus pada jendelanya..

Situs keagamaan penting lainnya adalah Basilika Sheshan (Kuil Nasional dan Basilika Kecil Bunda Maria dari Sheshan). Gereja Katolik Roma tua yang indah ini berdiri di puncak barat bukit yang setelahnya dinamai.

Seperti banyak situs keagamaan lainnya, Bangunan ini juga rusak parah selama Revolusi Kebudayaan Cina. Tetapi dalam beberapa tahun terakhir telah mengalami renovasi besar-besaran dan tetap menjadi situs ziarah yang penting.

Aktivitas utama dalam kunjungan ke tempat wisata di Shanghai ini adalah mengikuti 14 Stasiun Salib, yang zigzag mendaki bukit ke gereja. Selama pendakian pengunjung disuguhkan banyak pemandangan indah di sepanjang jalan.

People’s Square



Daerah ini dulunya arena pacuan kuda yang dianggap sebagai pacuan kuda  No. 1 Timur Jauh. Pada tahun 1949, People’s Avenue dibangun melintasi pusat area dengan People’s Park dibangun di sisi utara dan People’s Square di bagian selatan. Area tempat wisata di Shanghai ini mencakup area 140.000 meter persegi.

Kantor Pemerintah Kota terletak di utara People’s Square, sedangkan Museum Shanghai, yang dirancang menyerupai panci masak Cina, terletak di selatan. Diapit di kedua sisi dengan sabuk hijau selebar 17 meter, People’s Avenue melintasi pusat alun-alun.

Di sudut barat laut terdapat Shanghai Grand Theatre. Ini merupakan konstruksi kolosal yang hampir seluruhnya terbuat dari kaca  yang diimbangi oleh Urban Exhibition Exhibition Hall di timur. Di sisi timur laut terletak stasiun kereta bawah tanah.

Di sepanjang sisi selatan tempat wisata di Shanghai ini, ada beberapa struktur bawah tanah yang besar, termasuk Hong Kong Famous Brands Street dan Dimei Shopping Center, gardu transformator kota bawah tanah terbesar di Asia dan garasi parkir bawah tanah terbesar di Shanghai.

Shanghai Ocean Aquarium



Shanghai Ocean Aquarium  saat ini juga dikenal sebagai salah satu aquarium laut terpanjang dunia dengan ukuran panjang mencapai 155 meter. Bangunan dari SOA ini terdiri dari dua gedung yang masing-masing memiliki bentuk piramida. Total area SOA ini mencakup wilayah seluas 20.500 meter persegi.

Gedung utama pada tempat wisata di Shanghai ini terbagi menjadi beberapa area, yakni China Zone, South America Zone, dan lain lain. Masing-masing area tersebut menampilkan spesies-spesies yang mewakili nama dari zona tersebut.

Diantara aquarium raksasa yang ada di seluruh dunia, SOA satu-satunya aquarium yang memiliki China Zone. Area ini pun menjadi sangat spesial, karena menampilkan spesies serta kondisi ekologi yang ada di sungai Yangtze. Di tempat wisata di Shanghai ini terdapat beberapa spesies yang terancam punah di Cina.

The Bund



Dulunya tempat wisata di Shanghai ini merupakan dermaga di sepanjang sungai Huangpu, tepat di tengah kota Shanghai. The Bund menawarkan sensasi menikmati indahnya sungai Huangpu yang menjadi jantung kota Shanghai dengan deretan bangunan berasitektur menawan di kanan kirinya.

Dahulu The Bund adalah salah satu kawasan tertua dan teramai di Shanghai. Para penguasa asing di Shanghai membangun The Bund untuk menjadi pusat perkantoran. Karena itu arsitektur bangunan lama di sana banyak yang bergaya klasik dan bercorak arsitektur Eropa seperti art deco.  Gaya arsitektur yang terkenal dengan klasik, glamour, konsumerisme dan kemewahannya.

Tiada waktu terbaik untuk menikmati indah langit Shanghai selain ketika saat-saat matahari terbit dan terbenam. Warna biru dan jingga terpantul akan dengan indah di sungai Huangpu memberikan kesan hangat dan menjadi latar belakang yang indah untuk berfoto. JAGUARQQ

Momen ketika langit mulai gelap dan lampu-lampu gedung mulai menyala akan menjadi malam paling romantis yang pernah dialami. Dengan segelas kopi atau satu cup ice cream bersama orang terkasih, menikmati malam di tempat wisata di Shanghai ini takkan pernah terlupakan.

Shanghai Natural History Museum



Shanghai Science and Technology Museum menjadi salah satu museum besar dan yang paling banyak dikunjungi di China. Di tempat wisata di Shanghai ini terdapat kawasan yang luas untuk dijelajahi dari museum ini. Museum ini mempunyai koleksi dan pameran seperti robot, kehidupan luar angkasa, dunia binatang, dan lainnya yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Bangunan museum itu sendiri besar dan mengesankan hanya dengan melihat bangunan museum. Di bagian dalam, tata letak dilakukan dengan baik, luas dan sangat mudah dinavigasi.

Taman tepat di luar museum terpelihara dengan baik dan dengan banyak instalasi seni yang menarik dan mungkin interaktif, ini benar-benar tempat yang tepat untuk anak-anak berlarian dan mengambil beberapa foto yang sangat lucu

Benda museum yang dipamerkan meskipun palsu, tetapi mereka telah membuat pameran dengan sangat baik sehingga semuanya sangat mengesankan untuk dilihat. Ruang pamer terdiri dari aula yang setidaknya lima sampai tujuh lantai dengan ratusan dinosaurus. Bukan hanya dinosaurus, begitu banyak dunia berbeda untuk dijelajahi yang membuat kami luar biasa. Banyak instalasi interaktif juga.

No comments:

Post a Comment